Ini Alasan OJK Tetapkan MMM Sebagai Investasi Bodong


ojk-lagiJAKARTA—Otoritas Jasa Keuangan menetapkan investasi Mavrodi Mondial Moneybox atau Manusia Membantu Manusia yang kerap disebut Triple M sebagai investasi ilegal atau investasi bodong.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan keanehan paling mencolok dari investasi tersebut ialah janji keuntungan 30% per bulan.

“Itu di luar batas kewajaran yang terbesit bagaimana cara mengelola dana investasinya. Itu enggak jelas, kemudian langsung underlying itu juga ternyata enggak wajar atau enggak patuh di sektor jasa keuangan,” ujarnya, kepada wartawan,  Senin (13/4/2015)

Kemudian, ketika pihak OJK hendak mencari penanggung jawab dan struktur kepengurusan kegiatannya subjeknya pun tidak jelas. Apalagi, beberapa kalimat yang dimuat dalam website MMM mirip dengan money game atau investasi piramida.

“Kalau di UU Perdagangan disebutkan piramida, janji keuntungan tehadap nasabah diperoleh dari keikutertaan peserta berikutnya, ini disebut piramida bahkan ada kalimat menjadi resiko kalau hilang ya itu sudah resiko tidak bisa diganti rugi.”

Hal ini jelas akan merugikan masyarakat karena tidak ada perlindungan yang jelas. Padahal investasi serupa tersebut sangat beresiko gagal bayar.  Belakangan, investasi MMM kian gencar mencari nasabah, tidak tanggung-tanggung promosinya dilakukan melalui iklan di televisi.

Untuk itu, OJK telah menyurati KPI untuk segera menarik iklan yang dapat merugikan konsumen tersebut. Di samping itu, pihaknya juga tengah bekerja sama dengan Kemenkominfo untuk memblokir situs MMM. Majelis Ulama Indonesia pun sebelumnya telah menyebutkan bahwa investasi jenis ini diharamkan. (*)

Iklan

Berikan Komentar Anda Tentang Berita Ini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s