Polda Sulselbar Belum Temukan Bukti Keberadaan ISIS


Kapolda-Sulsel-bersama-andi-soseMAKASSAR—Polda Sulselbar mengaku belum memiliki bukti kuat adanya keberadaan kelompok separatis Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah hukumnya.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Barat Inspektur Jenderal Anton Setiadji mengatakan kepolisian tidak dapat melakukan penindakan sebatas pengakuan dan adanya atribut mirip kelompok teroris itu. “Kami masih mencari bukti akurat. Kalau jelas baru ditindak,” katanya, Sabtu (11/4/2015).

Menurut Anton, pengibaran atribut mirip bendera ISIS di beberapa tempat, seperti pada lokasi pengajian di Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya; dan jembatan layang, Kecamatan Panakkukang, beberapa waktu lalu, belum bisa menjadi dasar hukum untuk melakukan penindakan. Terlebih, kelompok yang mengibarkan membantah bendera itu adalah simbol ISIS melainkan bendera tauhid.

Anton mengaku akan terus melakukan pengawasan khususnya kelompok masyarakat yang dicurigai berpaham radikal. Dia juga menjelaskan tidak bisa membeberkan kelompok yang dicurigai maupun strategi mengatasi kelompok teroris atau ISIS. “Banyak persoalan yang tidak bisa saya sampaikan ke media.”

Sebelumnya Mabes Polri menyatakan Provinsi Sulawesi dan Barat merupakan satu dari lima kantong simpatisan ISIS. Empat daerah lain adalah Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Panglima Komando Daerah Militer VII/Wirabuana Mayor Jenderal Bachtiar mengatakan keberadaan ISIS di daerah ini memang masih sebatas indikasi. Dia meminta agar isu keberadaan kelompok ini tidak perlu dibesar-besarkan.

Selain mengantisipasi masuknya ISIS yang merupakan paham radikal kanan, Bachtiar juga meminta masyarakat bersikap waspada terhadap paham radikal kiri alias komunisme. Masyarakat jangan mudah terpengaruh dan segera melaporkan ke TNI/Polri, bila mengetahui adanya orang atau kelompok yang coba menghasut masyarakat mengikuti paham radikal. (*)

Iklan

Berikan Komentar Anda Tentang Berita Ini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s