Serba-serbi


Akibat Putus Sekolah

Kemiskinan yang struktural, akibat salahnya sistem yang sejak awal sudah menyulitkan mereka untuk bisa maju. Ingin berhasil membantu orangtua tapi terpaksa putus sekolah karena tidak ada biaya. Mengapa? Karena tidak ada sekolah yang gratis. Akibat putus sekolah, tentunya keterampilan mereka tidak seperti orang-orang yang sekolah sampai selesai. Hanya kerja kasar atau serabutan yang bisa mereka lakukan.

anakTadi saya lihat anak kecil ini di pinggir jalan di daerah Pondok Indah. Saya hampiri dan bertanya kepada anak  itu. Namanya Riki, asal Bandung. Jualan cobek bersama kakaknya. Karena kurang enak badan, dia istirahat dulu sementara kakaknya muter jualan.

Dia terlihat pucat dan belum makan dari pagi. Saya ajak ke dokter, nggak mau. Diajak beli makan juga nggak mau. Nunggu ah, katanya. Mungkin dia takut nggak bisa ketemu lagi dengan kakaknya.

Untung ada yang jualan ketoprak lewat, saya pesanin ketoprak. Alhamdulillah dia mau. Mudah-mudahan setelah makan ketoprak badannya sehat dan bisa melanjutkan jualan. Walaupun saya masih berpikir, bisa nggak badan sekecil itu bawa beban sekian banyak cobek.

Usia masih terlalu muda tapi sudah harus menanggung beban hidup yang demikian berat.

Yuk, mari kita berhenti sejenak dan turun dari mobil. Kita sapa mereka yang terpinggirkan ini. Berikan rezeki mereka yang sudah dititipkan Allah sama kita. Anak seperti inilah yang harus kita santunin. Kita contoh teladan dari Rasulullah yang menyayangi orang-orang miskin.

“Ya Allah, lindungilah anak ini, sehatkan badan dia, agar dia bisa berjuang mencari rezeki-Mu.” Amin..amin..ya Allah. (*)

Berikan Komentar Anda Tentang Berita Ini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s